Konsep Dasar
Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )
Strategi
Pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankankan
pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri
jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
Ada beberapa hal
yang menjadi cirri utama strategi Pembelajaran Inkuiri:
1.
Strategi inkuiri menekankan
pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan.
2.
Seluruh aktivitas yang
dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari
suatu yang dipertanyakan.
3.
Tujuan dari penggunaan
strategi inkuiri adalah mengembangkan kemampuan berpikir secara
sistematis,logis dan kritis.
Strategi Pembelajaran
Inkuri efektif apabila :
-
Guru mengharapka siswa
dapat menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang ingin dipecahkan.
-
Jika bahan pelajaran yang
akan diajarkan tidak berbentuk fakta atau konsep yang sudah jadi,akan tetapi
sebuah kesimpulan yang perlu pembuktian.
-
Jika proses pembelajaran
berangkat dari ingin tahu siswa terhadap sesuatu.
-
Jika akan mengajar pada
sekelompok siswa yang rata-rata memiliki kemamuan dan kemampuan berpikir.
-
Jika siswa yang belajar tak
terlalu banyak sehingga bisa dikendalikan oleh guru.
-
Jika guru memiliki waktu
yang cukup untuk menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa.
Prinsip-Prinsip
Penggunaan SPI
Terdapat
beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh setiap guru,antara lain:
1. Berorientasi
pada pengembangan intelektual,
Tujuan
utama dari strategi inkuiri adalah pengembangan kemampuan berpikir,dengan
demikian,strategi pembelajaran ini selain berorientasi kepada hasil belajar
juga juga berorientasi pada proses belajar.
2. Prinsip
interaksi
Pembelajaran
sebagai proses interaksi berarti menempatkan guru bukan sebagai sumber
belajar,tetapi sebagai pengatur lingkungan atau pengatur interaksi itu sendiri.
3. Prinsip
bertanya
Peran
guru yang harus dilakukan dalam SPI adalah guru sebagai penya.Oleh sebab itu
kemampuan guru untuk bertanya dalam setiap langkah inkuiri sangat diperlukan.
4. Prinsip
Belajar Untuk Berpikir
Belajar
bukan hanya mengingat sejumlah fakta,akan tetapi belajar adalah proses
berpikir.Pembelajaran berpikir adalah pemanfaatan dan penggunaan otak secara
maksimal.
5. Prinsip
Keterbukaan
Belajar
adalah suatu proses mencoba berbagai kemungkinan,segala sesuatu mungkin saja
terjadi.Oleh sebab itu anak perlu diberikan kebebasan untuk mencoba sesuai
dengan kemampuan perkembangan logika dan nalarnya.
Langkah Pelaksanaan SPI
Secara
umum proses pembelajaran SPI dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Orientasi
2.
Merumuskan masalah
3.
Mengajukan hipotesis
4.
Mengumpulkan data
5.
Menguji hipotesis
6.
Merumuskan kesimpulan
1, Orientasi
adalah langkah untuk membina suasana atau iklim pembelajaran yang
responsip.Pada langkah ini guru mengkondisikan siswa agar siap melaksanakan
proses pembelajaran.
-
Menjelaskan topic,tujuan
dan hasil hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa,
-
Menjelaskan pokok-pokok
kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan
-
Menjelaskan pentingnya
topic dan kegiatan belajar
2.Merumuskan
masalah, merupakan langkah membawa siswa pada suatu persoalan yang
mengandung teka-teki.Persoalan yang disajikan adalah persoalan yang menantang
siswa untuk berpikir memecahkan teka-teki itu.
Beberapa
hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan masalah:
-
masalah hendaknya
dirumuskan sendiri oleh siswa
-
masalah yang dikaji adalah
masalah yang mengandung teka-teki dan jawabannya pasti
-
konsep-konsep dalam masalah
adalah konsep-konsep yang sudah diketahui terlebih dahulu oleh siswa.
3.Merumuskan
Hipotesis,adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang
dikaji.Sebagai jawaban sementara,hipotesis perlu diuji kebenarannya.
4.Mengumpulkan
data, adalah aktivtas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji
hipotesis yang diajukan.
5.Menguji
hipotesis, adalah proses menentukan jawaban yang dianggap diterima
sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6.Merumuskan kesimpulan,proses
mendiskripsikan temuan yang diperolah berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
Keunggulan dan
Kelemahan SPI
Keunggulan :
a. SPI merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada
pengembangan aspek kognitif kogneitif,afektif dan psikomotor secara
seimbang,sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna.
b. SPI dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai
dengan gaya belajar mereka.
c. SPI merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan
psikologi modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan.
d. SPI dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan
diatas rata-rata.Artinya siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan
terhambat oleh siswa yang lemah dalam be;lajar.
Kelemahan
a. SPI digunakan sebagai strategi pembelajaran,maka akan sulit
mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa
b. Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena
terbentur dalam kebiasaan siswa dalam belajar
c. Kadang kadang dalam implementasimnya,memerlukan waktu yang
panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah
ditentukan.
d. Selama ketentuan keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan
siswa menguasai materi pelajaran,maka SPI akan sulit diimplementasikan oleh
setiap guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar