Pengertian Hasil Belajar




Hasil belajar hakekatnya adalah perubahan tingkah laku. Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang luas mencangkup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Oleh sebab itu dalam penilaian hasil belajar peranan tujuan intruksional yang berisi rumusan kemampuan dan tingkah laku yang ingin dikuasai siswa menjadi unsur penting sebagai dasar dan acuan penilaian. Hal ini sesuai dengan pendapat Sudjana (2006 : 10) : “ Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya ”.
Prestasi merupakan hasil dari suatu belajar, adapun karakteristik prestasi belajar menurut Maehr (2004 : 9) adalah :
1. Prestasi belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dapat dilakukan dengan melakukan tes prestasi belajar.
2. Prestasi belajar dapat dievaluasikan tinggi rendahnya, baik berdasarkan tolak ukur yang ditetapkan terlebih dahulu oleh penilai maupun yang telah ditetapkan menurut norma kelompok
3. Prestasi belajar menunjukkan hasil kegiatan yang dilakukan secara sadar dan sengaja. Tinggi rendahnya prestasi belajar individu bergantung pada seberapa jauh ia mampu memenuhi dan menyelesaikan dengan baik tugas-tugas yang diberikan kepadanya dalam proses belajar-mengajar.

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu : faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal adalah faktor yang terdapat pada diri siswa itu sendiri. Menurut Ruseffendi (2004 : 9 -10) adalah :
Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain :
1. Kecerdasan
2. Kesiapan siswa
3. Bakat siswa
4. Kemauan Belajar
5. Minat siswa

Faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain:
1. Model penyajian pelajaran
2. Pribadi dan sikap guru
3. Suasana pengajaran
4. Kompetensi guru
5. Kondisi masyarakat luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...