Konsep Tentang Pembelajaran Berbasis Proyek




Pembelajaran berbasis proyek yaitu proses pembelajaran 
yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktifitas secara nyata. Terdapat tiga kategori umum penerapan proyek untuk pelajar, yakni mengembangkan keterampilan, meneliti permasalahan dan menciptakan solusi. Kreatifitas dari suatu proyek membantu perkembangan pertumbuhan individu, seperti memberikan kemampuan kognitif dan motivasi yang menghasilkan peningkatan pembelajaran dan kemampuan untuk lebih baik mempertahankan atau menerapkan pengetahuan. Pada proses pembelajaran ini, pelajar dilibatkan dalam memecahkan permasalahan yang ditugaskan, memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk aktif membangun dan mengatur pembelajaran dan dapat menjadikan pelajar yang realistis.
Pendekatan ini mengacu pada hal-hal sebagai berikut :
a.       Kurikulum
Pembelajaran ini tidak seperti pada kurikulum tradisional, karena memerlukan suatu strategi sasaran di mana proyek sebagai pusat.
b.      Responsibility
Pembelajaran ini menekankan responsibility dan answerability para pelajar ke diri dan panutannya.
c.       Realisme
Kegiatan pelajar difokuskan pada pekerjaan yang serupa dengan situasi yang sebenarnya. Aktifitas ini mengintegrasikan tugas otentik dan menghasilkan sikap profesional.
d.      Active-learning
Menumbuhkan isu yang berujung pada pertanyaan dan keinginan pelajar untuk menemukan jawaban yang relevan, sehingga dengan demikian telah terjadi proses pembelajaran yang mandiri.

e.       Umpan Balik
Diskusi, presentasi, dan evaluasi terhadap para pelajar menghasilkan umpan balik yang berharga. Ini mendorong ke arah pembelajaran berdasarkan pengalaman.
f.       Keterampilan Umum
Pembelajaran ini dikembangkan tidak hanya pada keterampilan pokok dan pengetahuan saja, tetapi juga mempunyai pengaruh besar pada keterampilan yang mendasar seperti pemecahan masalah, kerja kelompok, dan self-management.
g.      Driving Questions
Pembelajaran ini difokuskan pada pertanyaan atau permasalahan yang memicu pelajar untuk berbuat menyelesaikan permasalahan dengan konsep, prinsip dan ilmu pengetahuan yang sesuai.
h.      Constructive Investigations
Sebagai titik pusat, proyek harus disesuaikan dengan pengetahuan para pelajar.
i.        Autonomy
Proyek menjadikan aktifitas pelajar sangat penting.
Adapun langkah-langkah Pembelajarannya sebagai berikut :
a.                         Memaparkan judul/topik proyek yang akan dibahas
Judul ini adalah suatu tema yang menarik dan kontekstual, yang di dalamnya akan didalami dengan multidisipliner dalam satu kurikulum pertingkat jenjang kelas.
b.                       Tinjau proyek dari berbagai kompetensi dasar yang hendak dicapai.
c.                         Lihat kurikulum, pelajaran apa saja yang bisa diintegrasikan, mengambil KD dan Indikatornya.
d.                        Bagi siswa ke dalam kelompok kecil (maksimal per kelompok 5 orang). Minta mereka untuk mencari data/bahan presentasi di berbagai sumber, misal buku, internet, majalah, wawancara dengan orang dll.
e.                         Buat rubrik penilaiannya untuk tiap mata pelajaran yang diintegrasikannya. Rubrik ini dibuat oleh guru bidang studi yang diintegrasikan dalam proyek.
f.                         Kelompok akan menyusun laporannya di power point. Dalam hal ini siswa dalam kelompok akan menerapkan metode inquiry, mereka akan saling berdiskusi menjawab pertanyaan dasar. Di akhir presentasi dalam produk dicantumkan sebuah kesimpulan jawaban pertanyaan dasar setelah dilihat dari berbagai multidisiplin. Guru bidang studi yang diintegrasikan berfungsi sebagai fasilitator, membantu kelompok bila kelompok menemui kesulitan.
g.                        Buat deadline waktu pengerjaannya. Kapan dimulai, kapan presentasi.
h.                        Presentasi produk. Penilaian berdasarkan rubrik yang telah disepakati oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...