
1. Aspek Materi
Standar yang berkaitan dengan aspek materi yang harus ada dalam setiap buku pelajaran sains adalah sebagai berikut.
(1) Kelengkapan materi.
(2) Keakuratan materi.
(3) Kegiatan yang mendukung materi.
(4) Kemutakhiran materi.
(5) Upaya meningkatkan kompetensi sains siswa.
(6) Pengorganisasian materi mengikuti sistematika keilmuan.
(7) Kegiatan pembelajaran mengembangkan keterampilan dan kemampuan berpikir.
(8) Materi merangsang siswa untuk melakukan inquiry.
(9) Penggunaan notasi, simbol dan satuan.
2. Aspek Penyajian
Standar yang berkaitan dengan aspek penyajian yang harus ada dalam setiap buku pelajaran sains adalah sebagai berikut.
(1) Organisasi penyajian umum.
(2) Organisasi penyajian per bab.
(3) Materi disajikan dengan mempertimbangkan kebermaknaan dan kebermanfaatan.
(4) Melibatkan siswa secara aktif.
(5) Mengembangkan proses pembentukan pengetahuan.
(6) Tampilan umum menarik.
(7) Variasi dalam cara penyampaian informasi.
(8) Meningkatkan kualitas pembelajaran.
(9) Anatomi buku pelajaran sains.
(10) Memperhatikan kode etik dan hak cipta.
(11) Memperhatikan kesetaraan gender dan kepedulian terhadap lingkungan.
3. Aspek Bahasa/Keterbacaan
Standar yang berkaitan dengan aspek bahasa/keterbacaan yang harus ada dalam setiap buku pelajaran sains adalah sebagai berikut:
(1) Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
(2) Peristilahan.
(3) Kejelasan bahasa.
(4) Kesesuaian bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar