Karakteristik Pembelajaran Kooperatif


Mengacu pada keberhasilan kelompok ini berarti bertujuan yaitu tujuan satu kelompok yaitu sama ingin mendapatkan nilai yang maksimal dan tentunya mendapat penghargaan yang mana pembelajaran kooperatif bagi kelompok yang nilainya paling bagus maka akan mendapat penghargaan bagi kelompok, menekankan peranan anggota artinya bahwa dalam pembelajaran kooperatif ini semua anggota kelompok mendapatkan peran yang sangat penting semua anggota kelompok terlibat aktif karena memiliki peran dan tugas masing-masing tapi untuk keberhasilan kelompok, mengandalkan sumber bahan dan bahan yang relevan, menekankan interaksi dalam pembelajaran kooperatif sesama anggota kelompok harus saling interaksi, mengutamakan tanggung jawab individu, secara individu siswa mempunyai tanggung jawab yaitu mengerjakan tugasa dan memahami materi bagi dirinya dan kelompoknya, mengutamakan hubungan pribadi, menciptakan peluang untuk kemenangan bersama, menitikberatkan kepada kepemimpinan bersama menekankan penilaian penghargaan kelompok (Achyar, 1998: 20).
Menurut Sanjaya (2008: 244-246) karakteristik pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :
a.   Pembelajaran secara tim
 Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran secara tim. Tim merupakan tempat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, tim harus mampu membuat setiap siswa belajar. Semua anggota tim harus saling membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b.       Didasarkan pada manajemen kooperatif
             Sebagai mana pada umumnya, manajemen mempunyai empat fungsi pokok, yaitu fungsi perencanaan, fungsi peleksanaan, dan fungsi kontrol. Demikian juga dalam pembelajaran kooperatif memerlukan perencanaan yang matang agar proses pembelajaran berjalan secara aktif. Fungsi pelaksanaan menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif harus dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, melalui langkah-langkah pembelajaran yang sudah ditenyukan termasuk ketentuan-ketentuan yang sudah di sepakati bersama. Fungsi organisasi menunjukan bahwa pembelajaran kooperati adalah pekerjaan bersama antar setia anggota kelompok.  Dan fungsi kontrol menunjukan bahwa dalam pembelajaran kooperatif perlu ditentukan kriteria keverhasilan melalui tes maupun nontes.
c.       Kemampuan untuk bekerja sama
        Keberhasilan pembelajaran kooperatif ditentukan oleh keberhasilan secara kelompok. Oleh sebab itu, prinsip bekerja sama perlu ditekankan dalam proses pembelajaran kooperatif. 
d.      Keterampilan belajar bersama
             Kemauan bekerja sama itu kemudian dipraktikan melalui aktivitas dan kegiatan yang tergambarkan dalam keterampilan bekerja sama. Dengan demikian, siswa perlu di dorong untuk mau dan sanggup berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...