
Menurut Sanjaya (2008: 244-246) karakteristik pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :
a. Pembelajaran secara tim
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran secara tim. Tim merupakan tempat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, tim harus mampu membuat setiap siswa belajar. Semua anggota tim harus saling membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b. Didasarkan pada manajemen kooperatif
Sebagai mana pada umumnya, manajemen mempunyai empat fungsi pokok, yaitu fungsi perencanaan, fungsi peleksanaan, dan fungsi kontrol. Demikian juga dalam pembelajaran kooperatif memerlukan perencanaan yang matang agar proses pembelajaran berjalan secara aktif. Fungsi pelaksanaan menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif harus dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, melalui langkah-langkah pembelajaran yang sudah ditenyukan termasuk ketentuan-ketentuan yang sudah di sepakati bersama. Fungsi organisasi menunjukan bahwa pembelajaran kooperati adalah pekerjaan bersama antar setia anggota kelompok. Dan fungsi kontrol menunjukan bahwa dalam pembelajaran kooperatif perlu ditentukan kriteria keverhasilan melalui tes maupun nontes.
c. Kemampuan untuk bekerja sama
Keberhasilan pembelajaran kooperatif ditentukan oleh keberhasilan secara kelompok. Oleh sebab itu, prinsip bekerja sama perlu ditekankan dalam proses pembelajaran kooperatif.
d. Keterampilan belajar bersama
Kemauan bekerja sama itu kemudian dipraktikan melalui aktivitas dan kegiatan yang tergambarkan dalam keterampilan bekerja sama. Dengan demikian, siswa perlu di dorong untuk mau dan sanggup berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar