Prestasi Belajar Siswa


Prestasi Belajar Siswa

a.    Pengertian prestasi belajar
                             Prestasi belajar berasal dari dua suku kata, yaitu “Prestasi dan Belajar”. Secara etimologi, prestasi adalah hasil yang telah di capai/di lakukan/dikerjakan, dan sebagainya (Poerwadarminto, 1996:768).
     Secara umum, belajar merupakan proses perubahan prilaku individu, sebagai akibat dari hasil pengalaman sebagaimana pendapat M. Ngalim Purwanto (1991:84), belajar berhubungan dengan tingkah laku seseorang terhadap situasi tertentu yang di sebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi tertentu.
     Dari pengalaman di atas jelaslah bahwa prestasi adalah suatu hasil yang telah di capai dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, yang di peroleh setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang kemudian diadakan evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa. Inilah yang di sebut dengan prestasi belajar.
     Prestasi belajar adalah kecakapan nyata yang menunjukan pada aspek kecakapan yang segera dapat di demonstrasikan dan di uji pada waktu sekarang juga, karena prestasi merupakan hasil usaha dalam belajar yang bersangkutan dengan cara, buahan dan hal tertentu yang telah di alamainya. Untuk mendapatkan prestasi belajar yang lebih cukup, dalam proses pembelajaran harus ada dua subjek yang aktif, yaitu guu yang aktif menyajikan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum dan siswa yang aktip memperhatikan pelajaran yang di berikan oleh guru.
 Gambaran kemampuan peserta didik sebagai hasil pengalamannya yang dilalui dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan formal, pada umumnya dinyatakan dalam bentuk angka (nilai rapot) yang sebelumnya diadakan evaluasi terlebih dahulu.
Hasil yang diperoleh peserta didik tidak semata-mata di tinjau dari hasil ulangan / test yang di lakukan secara kontinu, sehingga di peroleh suatu gambaran yang jelas tentang pembelajaran yang tingkah laku peserta didik ke arah yang positif. Dalam melaksanakan evaluasi guru sebaiknya merujuk pada pendapat Nana Sudjana (1991 : 151) bahwa yang perlu di perhatikan oleh seorang guru ketika mengadakan evaluasi akhir kegiatan pembelajaran yaitu dengan menentukan kemampuan tenaga didikdalam menjawab soal supaya diketahui tingkat penguasaan mata pelajaran dengan mengacu kepada pedoman, apabila peserta didik betul-betul memahami pelajaran, sebaliknya bila kurang dari 70%, maka harus diadakan pengulangan materi pelajaran.
b.    Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
Prestasi belajar siswa banyak di pengaruhi oleh berbagai faktor, baik berasal dari dirinya (internal) maupun dari luar dirinya (eksternal). Prestasi belajar yang di capai siswa pada hakekatnya merupakian hasil interaksi dari berbagai faktor tersebut. Oleh karena itu pengenalan guru terhadap faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa penting sekali, artinya dalam rangka membantu mencapai prestasi belajar yang seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pretasi belajar siswa, menurut Moh Uzer Usman (1993: 9) adalah sebagai berikut:
a.         Faktor yang berasal dari dirinya sendiri (internal)
1.    Faktor jasmaniah
2.    Faktor fsikologis
a.         Fakrtor interaktif : kecerdasan dan bakat serta kecakapan nyata   atau prestasi yang dimiliki
b.        Faktor non interaktif : sikap, kebiasaan, minat kebutuhan,motivasi, emosi dan penyesuaian diri
c.Faktor kematangan fisik maupun psikis
b.Faktor yang berasal dari luar (eksternal)
1.    Faktor sosial yang terdiri atas
a.         Lingkungan keluarga
b.        Lingkungan sekolah
c.         Lingkungan masyarakat
d.        Lingkungan kelompok
2.    Faktor budaya
3.    Faktor lingkungan fisik
4.Faktor lingkungan spiritual atau keagamaan



Jadi dari pendapat dan penjelasan-penjelasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan prestasi belajar adalah suatu hasil yang dicapai oleh seseorang dalam memperoleh sesuatu yang baru dan perubahan keseluruhan tingkah laku sebagai akibat dari latihan-latihan dan pengalaman. Prestasi belajar adalah hasil dari kemampuan yang dicapai oleh siswa sebagai hasil dari usaha.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...