Fungsi VlookUp dan Hlookup

Fungsi Microsoft Excel

Belajar Rumus Microsoft Excel Kompleks

Rumus Excel Kompleks ini terdiri dari rumus Vlookup dan Hlookup. Rumus ini merupakan bagian dari fungsi LOOKUP yang berfungsi untuk mencari dan menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditentukan.

Perbedaannya, yaitu VLOOKUP atau Vertical LOOKUP digunakan untuk mencari data pada sebuah tabel yang disusun secara vertikal. Sedangkan HLOOKUP atau Horizontal LOOKUP menampilkan data yang disusun secara horizontal.

1. Rumus VlookUp

Contoh bentuk sederhana dari fungsi VLOOKUP adalah sebagai berikut.

=VLOOKUP(Nilai atau data data yang ingin Anda temukan; rentang cell yang ingin ditemukan nilainya; nomor kolom yang akan mengembalikan nilai yang cocok;FALSE/TRUE)

Anda dapat menuliskan TRUE jika ingin memperoleh hasil yang mendekati atau FALSE jika ingin memperoleh hasil yang sama persis.

Jika Anda tidak menulis FALSE/TRUE, nilai default akan otomatis mengubahnya menjadi TRUE atau mendekati.

=VLOOKUP(A13;A2:B10;2;FALSE)

2. Rumus HlookUp

Sedangkan sintaks dari fungi HLOOKUP adalah sebagai berikut.

HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])

Keterangan:

  • Lookup_value : Nilai yang ingin dicari, bisa berupa nilai, referensi, atau teks.
  • Table_array : Rentang cell yang ingin dicari nilainya.
  • Row_index_num : Nomor baris dalam table_array yang akan mengembalikan nilai yang cocok. Angka 1 digunakan untuk mengembalikan nilai baris pertama. Sedangkan angka 2 maka digunakan untuk mengembalikan nilai pada baris ke 2.
  • Range_lookup : Bersifat opsional. Bisa diisi ataupun tidak. Nilai logika ini berfungsi untuk menentukan apakah Anda ingin mencari kecocokan persis atau mendekati. Jika TRUE berarti mendekati, Jika FALSE sama persis

Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan rumus HLOOKUP

=HLOOKUP(A5;A1:G2;2;FALSE)


Itulah beberapa rumus Excel dasar dan kompleks yang sering digunakan dalam pekerjaan. Pengetahuan ini sangat bermanfaat dan penting untuk diketahui bagi Anda yang banyak bekerja dengan data.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...