Cara Mencari Persen dengan Excel , fungsi IF, Count dan Caunta

Belajar Rumus Excel Dasar

Berikut ini adalah beberapa rumus dasar yang perlu Anda kuasai.

1. Rumus Sum

Fungsi SUM pada Microsoft Excel berfungsi untuk menjumlahkan data pada suatu cell. Rumusnya, yaitu =SUM(number1:number2)

Contoh: jika Anda ingin menjumlahkan data dari cell A1 hingga C2, rumusnya, yaitu =SUM(A1:C2)

rumus excel sum

2. Rumus Average

Jika ingin mencari rata-rata dari suatu data, Anda dapat menggunakan fungsi AVERAGE yang memiliki fungsi sangat sederhana dan praktis.

Rumus Average lebih baik daripada Anda harus mencari rata-rata secara manual dengan menggunakan gabungan rumus penjumlahan dan pembagian.

Rumus AVERAGE: =AVERAGE(number1:number2)

Rumus gabungan: =SUM(number1:number2)/jumlah data

Kedua rumus tersebut memberikan hasil perhitungan yang sama. Perbedaannya hanya pada kesederhanaannya saja. Untuk lebih memahaminya, Anda dapat melihat contoh di bawah.


Rumus Excel Average

3. Rumus Max dan Min

Anda tidak perlu mengurutkan data satu persatu terlebih dahulu untuk mencari nilai tertinggi dan terendah dari sebuah data.

Yang perlu Anda lakukan, yaitu cukup dengan menggunakan fungsi MAX dan MIN pada Microsoft Excel.

Contoh: jika ingin mencari data tertinggi dan terendah dari sebuah data yang berada pada cell A1 hingga C2.

Anda cukup menuliskan =MAX(A1:C2) untuk mencari nilai tertinggi dan =MIN(A1:C2) untuk mencari nilai terendah.

    • Rumus Max dan Min

4. Rumus If Excel

IF merupakan fungsi yang cukup populer dan banyak digunakan pada Microsoft Excel. Fungsi ini berguna untuk membuat perbandingan secara logis antara suatu nilai dan perkiraan.


Bentuk paling sederhana dari fungsi IF adalah menentukan baik dan tidak baik dari suatu data. Contohnya:

=IF(Hal ini benar;“maka jawabannya benar/good/baik”;”bila salah maka jawabannya salah/bad/buruk”).

Rumus IF akan selalu memberikan dua atau lebih hasil yang berbeda. Bergantung pada seberapa banyak logika yang dimasukkan ke dalam rumus.

Contoh sederhananya dapat Anda lihat seperti contoh berikut.

=IF(A1>5;”Good”;”Bad”)

Penjelasan:

=IF( : Ini adalah rumus awal.

A1 : Pilih cell yang ingin dibuat logikanya, misalnya A1.

>/</>=/<= : Ini adalah tanda logika yang ingin dimasukkan, apakah lebih besar (>), lebih kecil (<), lebih besar atau sama dengan (>=), ataukah lebih kecil atau sama dengan (<=). Semua tergantung kebutuhan Anda.

; / , : Ini adalah tanda pemisah. Setiap komputer memiliki tanda pemisah yang berbeda. Saat Anda memasukkan rumus, maka function wizard akan mengeluarkan saran atau rumus yang harus Anda masukkan. Disitu Anda dapat melihat apakah komputer Anda menggunakan ; (titik koma) atau , (koma).

“Good” : Ini adalah perkiraannya jika benar. Jika angka di cell A1 lebih dari 5, mendapatkan predikat “Good”. Pastikan juga Anda menuliskan tanda petik dua “..” karena itu rumusnya.

“Bad” : Jika perkiraannya salah, Anda dapat menuliskan predikat lainnya seperti “Bad”. Pastikan juga Anda menuliskan tanda petik dua “…..”

) : Akhiri rumus dengan tanda tutup kurung.


rumus if

5. Rumus Count dan Counta

COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data pada rentang yang berisi angka. Sedangkan COUNTA untuk menghitung jumlah data pada rentang cell yang berisi angka, huruf, dan karakter lainnya.

=COUNT(A1:C3)

=COUNTA(A1:C3)


Rumus Count dan Counta

Berdasarkan data tersebut, dapat Anda lihat jika hasil dari rumus COUNT, yaitu 6 karena hanya menghitung data berbentuk angka saja.

Sedangkan hasil dari rumus COUNTA, yaitu 9 karena COUNTA menghitung semua jenis data yang ada dalam rentang tertentu.


6. Rumus Persen

Cara menghitung persentase total dari data pada Microsoft Excel sangat mudah sekali. Caranya, yaitu sebagai berikut.

Letakkan kursor pada C2 dan bagilah pendapatan dengan total pendapatan. Masukkan rumus =B2/B10. Lalu hasilnya akan keluar dan menunjukkan bilangan berbentuk 0,16506.

Ubahlah data berbentuk 0,16506 ini menjadi persen dengan tetap memposisikan kursor pada cell C2 lalu tekan tombol “persentage”. Maka data akan berubah menajdi 17%.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...