IPA 7 BAB 4 Energi Dalam Sistem Kehidupan ( Semester 1)

MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS 7 BAB 4 ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

BAB 4

Energi Dalam Sistem Kehidupan

Energi

Energi adalah sesuatu yang jika digunakan bisa menghasilkan suatu kerja/ usaha. Energi Potensial adalah energy yang dimiliki oleh suatu benda karena struktur benda tersebut.

Energi Potensial Gravitasi atau Energi diam adalah energy yang dimiliki suatu benda letaknya di permukaan bumi. Energi potensial gravitasi dipengaruhi oleh tinggi benda terhadap acuannya, massa yang dimiliki, dan gravitasinya. Suatu benda jatuh karena adanya gravitasi Bumi. Gravitasi Bumi dapat menarik sesuatu yang memiliki massa lebih kecil karena bumi memiliki massa yang lebih besar.Setiap sesuatu yang memiliki massa yang lebih besar mampu menarik sesuatu yang memiliki massa lebih kecil. 


Keterangan :

·         h1 : ketinggian total

·         h2 : ketinggian titik 1 ke titik 2

·         h3 : ketinggian titik 2 ke titik 3

Kesimpulan :

s Semakin ke bawah, semakin cepat pergerakannya

a Setiap perpindahan jatuhnya benda, Ԑp benda berubah.

Energi potensial elastisitas adalah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan.

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena benda tersebut bergerak.

Contoh : Tepak yang di lempar ke atas.

Fakta yang didapatkan yaitu :

  • 1.      Semakin ke atas, energy potensial mengecil dan energy kinetic membesar.
  • 2.      Saat jatuh lagi, energy potensial membesar dan energy kinetic mengecil.
  • 3.      Berubah arah gerak
  • 4.      Saat jatuh menimbulkan suara. Jadi, saat jatuh di atas permukaan, energy potensial dan energy kinetic berubah menjadi energy bunyi.

Perpaduan antara energy Potensial dan energy Kinetik disebut energy Mekanik.

 (Konstan)

10 + 0 = 10

9 + 1 = 10

8 + 2 = 10

Dan selanjutnya.

Sumber energi

Sumber energy adalah segala sesuatu yang menghasilkan energy. Energi dikelompokkan berdasarkan bisa dan tidak bisanya energy tersebut diperbarui. Energi yang dapat diperbarui (Renewable energy), contohnya adalah biogas. Energi yang tak bisa diperbarui (Non Renewable energy), contohnya adalah energy fosil, energy nuklir dan energy panas bumi. Selama perut bumi memiliki magma, maka selama itulah gas akan tetap ada. Indonesia adalah negara yang memiliki energy panas bumi terbesar karena indonesi terletak di wilayah lingkaran api (fire ring). Energy nuklir adalah sebuah atum. Energi nuklir berasal dari kata “Nukleus”.

Energi yang dapat diperbarui adalah energy yang bersumber dari makhluk hidup yang dapat dibudidayakan oleh manusia. Contohnya antara lain tanaman, hewan, biogas, dan sampah biologis. Sedangkan, Energi tak terbarukan adalah energi yang diambil dari hasil - hasil tambang.

Energi alternative adalah energy yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti energy atau bahan bakar konvensional. Atau adalah energy yang digunakan dengan bertujuan untuk menggantikan bahan bakar yang ada saat ini tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Energi alternative antara lain air, panas bumi, dan angin.

          Energi tidal adalah energy yang didapatkan dari pasang surut air laut. Perbedaan Energi angin dan energy tidal adalah jika energy angin tidak dapat dihitung, tetapi energy tidal dapat dihitung.

Sifat energy yaitu kekal. Maksudnya yaitu tidak dapat dibuat, tidak dapat dimusnahkan karena merupakan ciptaan Allah swt. Tetapi energi dapat berubah wujud.

Makanan sebagai Sumber Energi

Energy yang dibutuhkan oleh manusia adalah makanan. Makanan adalah salah satu bentuk energy kimia karena apa yang masuk ke dalam tubuh direaksikan / diproses dengan cara kimia. Makhluk hidup dibagi menjadi dua, yaitu Autotrof dan heterotrof. Autotrof dapat menghasilkan makanannya sendiri, yaitu Tumbuhan. Heterotrof mengambil makanan dari makhluk hidup lain. Contohnya adalah manusia dan hewan.

Energi yang kita konsumsi adalah makanan yang mengandung :

  • a.      Karbohidrat (utama), adalah makanan yang mengandung zat tepung untuk memberi energy. Nasi terasa manis saat kita kunyah karena di dalam mulut kita terdapat ludah dan enzim Amilase. 1 kg karbohidrat mengandung 4.1 kalori.
  • b.      Protein, adalah zat pembangun tubuh agar dapat bertumbuh dan berkembang. Protein ada 2 jenis yaitu, proten hewani dan protein nabati. Protein tidak akan punya lemak jenuh. Lemak jenuh hewani jika mengendap akan menyumbat pembulu darah. 1 kg protein mengandung 4.1 kalori.
  • c.       Mineral, yaitu suatu zat yang dibutuhkan untuk metabolism tubuh. Contohnya yaitu kalsium, fosfor, dan zat besi. TDS adalah singkatan dari Total Disolpd Solid. Yaitu zat yang terlarut dalam mineral.
  • d.      Vitamin, berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.
  • e.      Lemak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Berasal dari karbohidrat yang tidak terpakai. Akhirnya tertimbun dan menjadi lemak yang tertimbun di bawah kulit. 1 kg lemak mengandung 9.3 kalori.

 


Transformasi Energi Dalam Sel

1.      Transformasi Energi oleh Klorofil

Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat di dalam kloroplas. Klorofil berfungsi untuk melancarkan proses fotosintesis. Transformasi inni hanya dilakukan oleh tumbuhan saja.

2.      Transformasi Energi oleh Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang terdapat di dalam sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam Mitokondria, energy kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak. 

Metabolisme Sel

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam sel makhluk hidup. Penyatuan / penyusunan energy disebut anabolisme. Penguraian energy disebut katabolisme.

1.      Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses perubahan energy cahaya menjadi energy kimia dalam bentuk glukosa atau proses pembentukan glukosa dari karbondioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari. Reaksi kimia fotosintesis yaitu :

Percobaan Fotosintesis.

a.      Ingenhousz (1799)

Percobaan ini menggunakan tanaman air Hydrilla verticillata di bawah cororng yang terbalik. Jika tanaman tersebut terkena cahaya matahari, maka timbulah gelembung – gelembung gas. Gas ini ternyata adalah oksigen (O2).

b.      Engelmann (1822)

Percobaan ini menggunakan ganggang hijau Spirogyra sp. Yang kloroplasnya berbentuk spiral. Ternyata bakteri oksigen hanya berkerumun pada kloroplas yang terkena cahaya. Ini  membuktikan bahwa klorofil adalah faktor keharusan dalam proses fotosintesis.

c.       Sachs (1860)

Percobaan ini dilakukan dengan daun yang ditutup kertas timah lalu diuji dengan lodium lugol. Ilmuwan ini membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan karbohidrat berupa amilum. Adanya amilum dibuktikan dengan melakukan uji yodium pada daun yang tertutup, daun ini berubah warna menjadi biru kehitaman, sedangkan pada daun yang tidak ditutup tidak terjadi perubahan warna.

2.      Respirasi

Respirasi adalah pelepasan energy yang tersimpan dalam zat sumber energy melalui proses kimia dengan oksigen. Respirasi dibagi menjadi dua, yaitu :

1.      Respirasi Aerob.

Yaitu respirasi yang membutuhkan oksigen (O2) untuk menguraikan glukosa (katabolisme).Reaksi kimia respirasi aerob adalah :

2.      Respirasi Anaerob

Yaitu respirasi yang tidak membutuhkan oksigen (O2) untuk menguraikan glukosa (katabolisme).Reaksi kimia respirasi anaerob adalah :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merubah File PDF ke Word

5 Cara Praktis  Merubah File PDF ke Microsoft Word 1. Merubah PDF ke Word dengan Google Docs Google menyediakan layanan gratis seperti Docs ...